Senin, 19 November 2012

Sistem Pernafasan pada Serangga

Pernapasan serangga menggunakan sistem trakea. Udara keluar masuk melalui stigma (spirakel) yang merupakan corong trakea. Trakea ini bercabang-cabang sampai ke setiap sel. Lubang-lubang pernapasan yang disebut stigma terdapat di sepanjang kedua sisi tubuhnya.
sistem pernafasan serangga dilihat dari atas









masuknya udara ke dalam otot-otot serangga

Stigma selalu terbuka karena merupakan muara pembuluh-pem­buluh trakea. Trakea bercabang­cabang sampai menjadi pembuluh­pembuluh halus yang disebut trakeol. Pertukaran gas terjadi pa­da dinding trakeol. Peredaran udara diselenggarakan oleh gerak­an-gerakan otot yang teratur secara aktif.
Serangga ada yang hidup di darat, di udara dan di air. Untuk serangga yang hidup di air hanya mempunyai sebuah lubang perna­pasan yang dapat dibuka dan di­tutup. Ada juga serangga air yang – mempunyai in sang trakea. (lihat gambar diatas). Mat ini permukaannya relatif luas dan berfungsi untuk menyerap udara dari air. Kumbang air me­nyimpan udara di bawah sayapnya yang keras. Sedangkan larva nya­muk menggunakan tabung udara yang dapat dijulurkan ke permuka­an air.












1 komentar: